Blogger templates

Senin, 21 Januari 2013


Pemindahan Ibu Kota Hanya Diributkan Saat Banjir Tiba

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone) 

JAKARTA - Pro dan kontra pemindahan Ibu Kota Negara terus bergulir. Namun, wacana tersebut selalu dimunculkan ketika DKI Jakarta terkena musibah seperti banjir dan kemacetan.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, sepakat dengan wacana pemindahan Ibu Kota. Namun, wacana pemindahan jangan hanya di lempar ketika terjadi musibah. Menurut dia, pemindahan Ibu Kota harus dipikirkan secara panjang dan dilakukan secara bersama antara pemerintah dan DPR.

"Soal pemindahan Ibu Kota selalu diributkan ketika terjadi musibah, seperti banjir dan kamacetan. Seharusnya dipikirkan secara panjang, dikakukan bersama pemerintah dan DPR," ujar Pramono kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/1/2013).

Menurut dia, intensitas hujan kemarin yang mengakibatkan banjir bukanlah puncaknya. Melainkan, kata dia,  hujan akan lebih deras diprediksi terjadi pada Rabu mendatang. Maka kata dia tidak menutup kemungkinan Jakarta akan terkena banjir lagi. Sehingga persoalaan banjir tentu tidak akan bisa dihindari dan akibat banjir semua aktivitas ekonomi dan pemerintahan akan terganggu.

"Tapi kalau melihat banjir terakhir kemarin ini bukan curah hujan yang lebih besar, diprediksi hari Rabu mendatang malah yang paling deras," imbuhnya.

Jika demikian, selayaknya Ibu Kota Negara dan Kota Perdagangan dan Industri layak dipertimbangkan. Seperti contoh negara yang berhasil melakukan pemisahan, yaitu Brasilia. Dimana Brasilia justru terinspirasi oleh ide Presiden pertama RI Soekarno.

"Ibu Kota hanya dijadikan perdagangan dan industri, dan kota pemerintahannya dipindah contoh di Brasilia justru berhasil dan justru itu ide dari Soekarno. Kota Brasilia dan Rio De Janeiro," terangnya.

Selain itu persoalaan macet di Ibu Kota DKI Jakarta sudah sangat serius. Akibat macet pertemuan Presiden SBY bisa gagal. Tentu hal itu merupakan masalah sangat serius untuk Ibu Kota Negara.

"Contoh ketika truk mogok di tol sudah kemana-mana, ini kan problem serius sekelas Ibu Kota. Akibat banjir terus pertemuan presiden dengan tamu negara lain gagal ini kan serius," pungkasnya. 




Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML